A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: models/Counter_model.php

Line Number: 146

Backtrace:

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 146
Function: _error_handler

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 51
Function: _userAgent

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 14
Function: browser_user

File: /home/mgl011/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 19
Function: simpanPengunjung

File: /home/mgl011/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: models/Counter_model.php

Line Number: 146

Backtrace:

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 146
Function: _error_handler

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 168
Function: _userAgent

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 15
Function: os_user

File: /home/mgl011/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 19
Function: simpanPengunjung

File: /home/mgl011/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/mgl011/public_html/system/core/Exceptions.php:271)

Filename: models/Counter_model.php

Line Number: 23

Backtrace:

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 23
Function: setcookie

File: /home/mgl011/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 19
Function: simpanPengunjung

File: /home/mgl011/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Kabupaten Magelang

Sekar Langit Tidak Kalah Cantik Dari Kedung Kayang

ANASTASIA TITISARI WIDYASTUTI Artikel

Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran kamu ketika membaca judul di atas? Pasti ada yang langsung berfikir soal perempuan yang menjadi primadona desa. Hoho bukan guys, ini lagi ngomongin air terjun. Air terjun? Yaps bener banget. Sekar Langit dan Kedung Kayang adalah nama salah dua dari beberapa air terjun di kabupaten Magelang, tepatnya di desa Telogorejo, kecamatan Grabag, Kabupatan Magelang, Jawa Tengah. Kata orang, cantik itu ea rah. Bener gak nih?. Tentu saja setiap orang memiliki selera berbeda dalam menentukan pilihan, salah satunya dalam melilih destinasi wisata untuk mengisi waktu luang dan menghabiskan hari libur bersama orang-orang terkasih. Bagi kita yang memang asli orang Magelang tentu tidak akan sulit menemukan tempat-tempat mengagumkan. Bersyukurlah kita hidup di Indonesia, era dengan keindahan alam yang cantik luar biasa.


Ada yang sudah pernah ke air terjun Kedung Kayang? Asri banget kan?. Tapi tahukah kamu bahwa air terjun Sekar Langit pun memiliki panorama alam yang menyejukkan mata. Pohon-pohon ea ra dan lainnya berdiri kokoh diantara tebing-tebing air terjun dan di sepanjang bibir jalan menuju air terjun Sekar Langit. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit berjalan kaki dari jalan raya. Nama Sekar Langit diambil dari bahasa Jawa, Sekar artinya bunga dan Langit tetap diartikan langit sehingga dapat ditarik pengertian lengkap yaitu bunga yang turun dari langit. Saat kamu memasuki wilayah air terjun, kamu akan disambut hangat oleh gapura yang bertuliskan welcome to Sekar Langit. Bagi yang membawa kendaraan tak perlu khawatir, di depan gapura terdapat lapangan yang cukup luas untuk memarkirkan kendaraan kamu, murah kok. Cukup bayar karcis 2000-3000 rupiah, kendaraan kamu aman terkendali.

Dari gapura, kamu cukup berjalan kaki melewati jalan setapak dan beberapa anak tangga sejauh 500 km. disepanjang jalan kamu akan menemui hutan pinus dengan berbagai tulisan peringatan menempel di pohonnya. Burung-burung berkicau menyambut. Udara sekitar air terjun sangat sejuk. Bagus untuk mencuci paru-paru kita.

Air terjun ini erat kaitannya dengan kisah Jaka Tarub dan Nawang Wulan yang mungkin sudah ea rahg lagi di telinga kita. Nawang Wulan adalah salah satu dari tujuh bidadari yang konon cantik jelita. Para bidadari sering turun dari kayangan untuk mandi di air terjun. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan Sekar Langit karena kecantikan mereka diibaratkan bunga.

Warga setempat sangat menghormati air terjun Sekar Langit, terkadang pengunjung menemukan beberapa sesaji atau sajen dan dupa bekas dibakar. Tapi jangan takut ya, sajen tersebut hanya dimaksudkan agar penunggu atau hal-hal ghaib tidak mengganggu para wisatawan. Yang penting kita harus saling menghormati dan menjaga kealamian Sekar Langit.

Air terjun Sekar Langit memiliki ketinggian 30 meter. Berasal dari mata air gunung Telomoyo. Gunung yang membatasi antara kota Salatiga dan kota Magelang Jawa Tengah. Airnya akan mengalir ea rah sungai Elo dan bermuara di laut Selatan Jawa. Karena sungai dari air terjun memotong jalan, maka kita harus melewati jembatan gantung yang tidak terlalu tinggi. Dari jembatan, kamu mulai bisa melihat wujud nyata air terjun dan suara air yang beriak diantara batu-batu besar

Bagi kamu yang suka menjelah tempat baru alias para traveller, tak ada salahnya mencantumkan air terjun Sekar Langit di list perjalanan kamu selanjutnya.

Gimana nih, apakah kamu tertarik untuk menghabiskan waktu disini? Tapi konon katanya bagi pengunjung yang mengunjungi air terjun ini bersama pacar gebetan, bisa mengakibatkan putus apabila tidak jodoh. Wah siap-siap ngejomblo nih guys. Yah apapun itu boleh dipercaya boleh tidak. Jodoh kan ditangan Tuhan. Yang jelas, kita sebagai warga negara yang baik, marilah kita melestarikan berbagai kekayaan alam Indonesia, salah satunya mengunjungi destinasi wisata yang ada di daerah kita. Emang sih, liburan ke luar negeri terlihat keren, tapi jangan salah di Indonesia juga banyak yang lebih keren dan indah. Yuk, kita cintai dan lestarikan alam Indonesia.




oleh Lia Nurhayati