A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: models/Counter_model.php

Line Number: 146

Backtrace:

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 146
Function: _error_handler

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 51
Function: _userAgent

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 14
Function: browser_user

File: /home/mgl011/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 19
Function: simpanPengunjung

File: /home/mgl011/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: models/Counter_model.php

Line Number: 146

Backtrace:

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 146
Function: _error_handler

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 168
Function: _userAgent

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 15
Function: os_user

File: /home/mgl011/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 19
Function: simpanPengunjung

File: /home/mgl011/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/mgl011/public_html/system/core/Exceptions.php:271)

Filename: models/Counter_model.php

Line Number: 23

Backtrace:

File: /home/mgl011/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 23
Function: setcookie

File: /home/mgl011/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 19
Function: simpanPengunjung

File: /home/mgl011/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Kabupaten Magelang

Wisata Di Kabupaten Magelang

ANASTASIA TITISARI WIDYASTUTI Artikel

Tentu kita tahu Kabupaten Magelang merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan gunung berapi yang masih aktif di Indonesia yaitu Gunung Merapi, tapi jangan salah daerah kecil yang terletak di provinsi jawa tengah ini sebenarnya menyimpan banyak obyek wisata yang instagrameble. Letak yang cukup strategis menjadikan Kabupaten Magelang sebagai salah satu Kabupaten di Indonesia yang wajib di kunjungi. Kabupaten Magelang tidak sulit untuk dijangkau, mengingat Kabupaten Magelang merupakan jalur utama arah Jogja – Semarang.  Berikut sedikit gambaran wisata dan kuliner yang menarik di Kabupaten Magelang yang mungkin bisa jadi salah satu alternative untuk anak kekinian. Pertama kita bahas dulu tentang wisatanya.

Candi Borobudur


Siapa sih yang gak tahu candi budha terbesar di Indonesia bahkan didunia ini, candi Borobudur sudah diakui UNESCO sebagai warisan sejarah yang dibangun pada abad 14 masehi. Lokasi candi ini dimagelang lho gais. Candi ini terdiri dari 504 arca budha dan 72 stupa ini sangat terkenal dimancanegara jadi gak usah haran kalo kalian bertemu turis asing disana. Dimana lagi kita bisa piknik sambil belajar sejarah pluss mengasah kemampuan bahasa inggris kita. Yuukk keborobudur sekarang.

Gereja Ayam


Namanya sih gereja ayam tapi bentuknya lebih mirip burung merpati karena ada mahkota dikepalanya. Wisata ini sangat cocok bagi kalian pecinta selfie karena bangunannya yang unik dan instagramable banget bisa bikin kalian makin hits. Letaknya gak jauh kok dari candi Borobudur, tepatnya di Bukit Rhema, Dusun Gombong, Desa Lembang Limus, Kecamatan Borobudur.

Puthuk Setumbu


Bagi kalian pencari Sunrise, punthuk Setumbu ini bisa jadi pilihan untuk dikunjungi. Mengingat bukit ini tidak terlalu tinggi dan tepatnya yang mudah diakses yaitu di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Kalian akan disuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa kala waktu subuh tiba yaitu hamparan kabut putih yang mirip dengan lautan serta kerlap kerlip lampu yang dilatar belakangi oleh gunung merapi dan gunung merbabu menambah semangat dipagi hari.

Ketep Pass


Bagi kalian yang lagi bosen sama polusi dikota mending kalian ke ketep pas dehh. Ehh bukannya ketep pas itu museum? Yes benar banget ketep pass itu emang museum dimana kita bisa liat sejarah gunung merapi disana. Meski museum tapi jangan salah kalo kalian lagi diketep pass dijamin kalian akan lupa kalo lagi dimuseum, disana kalian akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah yang mungkin bikin kalian gak ingin pulang. lokasinya cukup mudah dijangkau kok kalian bisa naik kendaran pribadi atau umum kalau mau kesana. Tempatnya di Desa ketep, kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

 

Kali Elo


Jika kalian suka wisata air, kalian wajib mencoba trip Arung jeram satu ini.jarak tempuhnya sekitar 11 km dengan durasi waktu 3 jam sangat aman bagi pemula. Selain arung jeram kalian akan disuguhkan pemandangan yang indah disekeliling lokasi. Keamanannya pun juga terjamin karena wisata ini menjamin pemandu dan operator yang sudah professional. Anda tidak harus bisa berenang untuk bisa menikmati paket arung jeram kali elo karena pengelola kali elo sudah menyiapkan perlengkapan arung jeram standar internasional yang wajib kalian pakai saat pengarungan.

 

Kupat tahu


Kalau udah capek jalan – jalan pasti jadi laper yaaa kan. Yuk langsung coba kupat tahunya magelang, yang membedakan kupat tahu magelang dengan kupat tahu biasanya terletak pada bumbunya dan penambahan bahan seperti irisan kol, mie, tahu putih dan bakwan sebagai pelengkapnya. Cuma bayangin aja bikin ngiler jadi tunggu apa lagi, kalian yang sedang di Magelang harus mencobanya.


Grubi


Jajanan pasar ini ternyata juga makanan khas Magelang, rasanya yang renyah tapi manis ini akan membawa kita kembali kemasa kecil karena makanan ini dulu sempat hits pada tahun 80 an. Tapi bagi kalian yang lahir diera kekinian jangan khawatir, kalian bias mlipir ke Magelang untuk mencobanya dan dijamin kalian nggak akan kecewa.


Slondok


Oleh – oleh satu ini adalah kerupuk yang berbahan baku dari singkong. Makanan ringan ini wajib di coba dan di jadikan buah tangan bagi para wisatawan yang berkesempatan berkunjung ke magelang. Cemilan unik ini selain menyediakan slondok rasa original kini berkembang dengan adanya beberapa varian rasa seperti slondok rasa keju, balado dan rasa lainnya, jadi dijamain kalian gak akan bosen dengan rasanya yang itu- itu saja.


Wajik Salaman


Selain jajanan renyah tadi, Magelang juga menyediakan jajanan empuk yaitu wajik salaman. Wajik sendiri merupakan jenis makanan yang berbahan dasar ketan dengan rasa manis dan memiliki tekstur lembut. Oleh-oleh khas magelang ini juga tidak kalah gampangnya didapatkan, cukup mlipir mapir ke toko khas oleh – oleh Magelang pasti ada.


Getuk Trio


Tentu kalian yang tinggal didaerah jawa tidak asing lagi dengan getuk, makanann ringan yang berbahan singkong ini adalah makanan khas di Magelang. Disebut getuk trio karena getuk ini terdiri dari 3 warna dan rasanya jangan ditanya enaknya, Tekstur Getuk Trio sangat lembut, legit dan rasanya manis. Jadi bagi kalian para pecinta masakan singkong harus coba. Tapi harus di ingat getuk Trio bisa bertahan hanya sampai 2 hari saja karena dalam pembuatannya tidak ada tambahan bahan pengawet.


Getuk Bolen


Selain getuk Trio di Magelang kalian juga bisa mendapatkan olahan gentuk yang lebih modern seperti getuk yang kita akan bahas ini. getuk Bolen mirip dengan Molen, molen biasanya isinya pisang tapi ini di isi dengan getuk. Getuk Bolen adalah perpaduan antara genthuk dengan adonan roti  yang telah melapisi gethuk. Jadi, jajanan ini bias jadi alternative kalian yang kurang suka getuk yang itu-itu saja..


Tape Muntilan


Tape muntilan hamper mirip dengan tape lainnya, tape ini terbuat dari bahan baku ketan putih yang kemudian diberi pewarna buatan. Dalam pengemasannya terdapat dua pilihan yang pertama, dibungkus dengan menggunakan kemasan plastik ½ kg yang ujungnya diikat menggunakan karet. Kedua, dimasukkan secara langsung pada kemasan stoples isi 1kg. jadi, tergantung kalian mau pilih yang mana. Hamper semua toko oleh – oleh menyediakan tape ini kok jadi jangan khawatir tidak ketemu tape hijau yang menggiurkan ini.

Bahas soal magelang memang sangat banyak sebenarnya, bahkan gambaran diatas masih terasa kurang. Berhubung keterbatasan pengetahuan kita lanjut besok ya gais…




oleh Nova Dwi Susanti