DISPARPORA KABUPATEN MAGELANG BINA POKDARWIS DESA TEMANGGUNG


Created At : 2021-06-08 00:00:00 Oleh : ANASTASIA TITISARI WIDYASTUTI Informasi Publik Dibaca : 195



Kota Mungkid. 8 Juni 2021. Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Slamet Achmad Husein membuka kegiatan Pembinaan Kelompok Sadar Wisata di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang Jumat(4/6) lalu.

Dalam sambutannya Husein mengatakan bahwa Pokdarwis harus memacu peran dan partisipasi masyarakat dalam membangun potensi wisata yang dimiliki desanya sehingga pengetahuan dan keahlian dalam kepariwisataan warga desa terus berkembang. Dengan demikian pariwisata bakal bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan ekonomi warga desa. Secara luas, Pokdarwis bertanggungjawab penuh mengenai bagaimana menciptakan manfaat kepariwisataan bagi warga masyarakat (terutama anggota Pokdarwis sendiri) dan secara keorganisasian terus berupaya mensukseskan pembangunan kepariwisataan di desa.

Pembangunan Kepariwisataan harus memperhatikan posisi dan peran mesyarakat baik sebagai subjek atau pelaku maupun penerima manfaat pengembangan, karena dukungan masyarakat turut menentukan keberhasilan jangka panjang pengembangan kepriwisataan. Dukungan masyarakat dapat diperoleh melalui penanaman kesadaran masyarakat akan arti penting pengembangan kepariwisataan. Untuk itu dibutuhkan proses dan pengkondisian untuk mewujudkan masyarakat yang sadar wisata yang dapat memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai penting yang terkandung dalam sapta pesona

Kelompok sadar wisata (pokdarwis) merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerah, sehingga keberadaan pokdarwis perlu terus didukung dan dibina agar dapat berperan lebih efektif dalam turut menggerakan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi pariwisata.

Sasaran Pembinaan Pokdarwis ini antara lain Meningkatnya kapasitas Pokdarwis dan kualitas perannya dalam mendukung upaya-upaya pengem-bangan kepariwisataan di daerah, Bertumbuhnya Pokdarwis di daerah yang mampu bersinergi bersama pemangku kepentingan terkait lainnya dalam mendukung pembangunan kepariwisataan di daerah, dan terciptanya basis data mengenai Pokdarwis yang memadai sebagai dasar pijakan perencanaan program pengembangan dan pemberdayaan Pokdarwis dalam mendukung pembangunan kepariwisataan.


Pembinaan Pokdarwis ini Disparpora Kabupaten Magelang menugaskan Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata dan Tatak Sariawan Pengelola Desa Wisata Candirejo sekaligus Ketua Forum Desa Wisata Jawa Tengah sebagai narasumber dengan jumlah peserta 20 orang pengurus dan anggota Pokdarwis Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik. humasdisparpora

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara