Kebon Kliwon Festival


Created At : 2023-10-31 00:00:00 Oleh : ANASTASIA TITISARI WIDYASTUTI Pers Rilis Dibaca : 155

Festival Kebonkliwon telah berlangsung 11-18 September 2023, kali ini  dengan tema Larung Sengkolo. Tema Larung Sengkolo kita pilih untuk merespon kehidupan masyarakat pasca pendemi yang serba sulit khususnya saat ini tentang isu ekonomi global. Larung yang bermakna membuang dan Sengkolo yang bermakna unsur-unsur negatif sehingga tema Larung Sengkolo merupakan sebuah do'a serta harapan masyarakat sebagai tolak balak menghilangkan unsur negatif yang akan menjadikan kehidupan masyarakat gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo seperti sedia kala.



Sebagai salah satu desa sentra pembibitan serta sebagai perwujudan do'a tolak balak maka saat pembukaan Festival Kebonkliwon akan dilaksanakan sedekah bibit tanaman buah-buahan dari para petani bibit serta sedekah hasil bumi dan lain-lainnya di Kebonkliwon sesuai pesan Baginda Nabi Agung Muhammad SAW bahwa salah satu manfaat sedekah adalah untuk menolak balak menghindarkan dari hal-hal negatif.

Sedangkan simbol Kalamakara memakan virus Corona memiliki makna tolak balak dan harapan masyarakat agar efek pandemi segera sirna dari muka bumi serta menjadikan nasehat bagi manusia bahwa Kala (Waktu) akan terus berjalan sehingga manusia selalu eling lan waspodo tidak menyia-nyiakan waktu di dunia sebagai bekal di akhirat nanti.***) Adv
GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara